SEPUTAR PURBALINGGA

PURBALINGGA

adalah sebuah kota kecil di kaki gunung slamet, yang merupakan gunung terbesar di jawa tengah. di sebelah utara berbatasan dengan kabupaten pemalang.di barat dengan kabupaten banyumas.di timur dengan kabupaten banjarnegara.dan sebelah selatan dengan kabupaten banyumas juga yang melingkari dari barat ke selatan. kota saya ini adalah sedikit kota kecil yang mungkin jarang orang tau tentangnya.karena letaknya memang kurang strategis.bukan di daerah jalur pantura ataupun pantai selatan. jalur propinsi paling adalah ke semarang dari purwokerto.

kebanyakan masyarakat purbalingga adalah bertani.di daerah yang perairanya cukup bagus. dan daerah pegunungan kebanyakan mereka berkebun atau berdagang. dan daerah perkotaan bnyak industri kecil, adalah knalpot sebagai sentra industri andalan daerah perkotaan. yang meliputi daerah – daerah seperti kelurahan, purbalingga kulon.(pesayangan) kelurahan kembaran kulon ,..gang panca. meski sekarang sudah mulai berkembang di daerah2 sekitar.adalah drum sebagai bahan utama untuk membuat knalpot..yang selanjutnya..di potong2 ..dan di ratakan dengan mesin perata.lalu dibikin lobang dengan alat juga…selanjutnya.di las.dan dibrnutk menurut pesanan..dan yang terakhir adalah croome untuk membuat knalpot menjadi mengkilap. dulu di sekitar tahun 1990 an.banyak sekali besalen ( bengkel pembuatanknalpot ) yang memproduksi knalpot. tapi sekarang setelah memasuki tahun 2000 -an industri ini bertahan dengan beberapa puluh orang pengusaha yang masih mapan dengan keuangan..dan misalpun ada yang bertahan, mereka tidak lagi menjualnya sendiri seperti dulu tapi melalui pengepul knalpot..yang memang benar2 kuat. itu terjadi dari beberapa faktor sperti meningkatnya pengrajin kanlpot yang membuat bengkel di kota2 besar yang merupakan target pengiriman dulu. sehingga pesanan ke daerah sudah semakin berkurang karena banyak juga yang membuka disana. kedua ..biaya transportĀ  pengiriman dengan hasil laba yang di dapat berbanding sedikit..bahkan cenderung merugi. akhirnya mereka lebih suka membuat lalu di jual lebih murah ke pengepul yang ada.dariapda harus mengeluarkan biaya yang lebih besar dengan hasil yang belum tentu bisa menutup pengeluaran..itulah nasib industri kecil knalpot di purbalingga.

knalpot-purbalingga knalpot raksasa di depan perpustakaan umum purbalingga

selain industri kecil knalpot di purbalingga. ada juga pabrik rambut di purbalingga yang menjadi andalan industri di purbalingga dengan pemasukan incame ke pemda purbalingga yang besar. karena begitu banyaknya tenaga kerja yang di butuhkan dari pabrik – pabrik ini. adalah investor dari korea yang menanamkan saham di sini. ada terhitung lebih dari puluhan pabrik yang tersebar di kota dan ibukota kecamatan bahkan sampai ke desa – desa sebagai cabang dari pabrik yang di kota. sehingga ada guyonan di kota purbalingga. bahwa perempuan di sini tak akan menganggur, karena lulusan apapun bisa di terima di pabrik. sayang perusahaan – perusahaan ini jarang merekrut tenaga laki – laki. paling berapa puluh untuk bagaian packing. atau keamanan. produk yang mereka hasilkan adalah rambut palsu, alis mata palsu. rambut boneka..dan lain – lain. industri ini tergolong menjadi trend sebagai ciri khas kota purbalingga. dengan pabrik – pabrik rambutnya.

9006large Rambut Wig buatan Purbalingga

sebenarnya masih banyak lagi industriĀ  – industri kecil yang ada di purbalingga yang tersebar di pelosok2 desa. seperti di desa asal penulis ..di desa munjul .. kecamatan kutasari kabupaten purbalingga…kerajinan sapu dari gelagah arjuna…dan juga kerajinan kompor sumbu …ada pula kerajinan batok dan tempurung dari kelapa, dan banyak yang lainya. tapi di sini saya akan membahas sebuah kerajinan yang jarang di ketahui orang yaitu pabrik keramik di purbalingga. namanya adalah BIMAC …apa yang bikin saya tertarik dari keramik hias bimac. karena penulis pernah memasarkan produk bimac di sebuah showroom dan pernah suatu saat ada pelanggan yang membeli keramik dan melihat sebuah keramik yang berbentuk kincir angin holand..atau kipas yang di negeri belanda ada di setiap rumah..denan harga saya jual 45 ribu. dia bilang kalo sebelumnya dia dikasih anaknya yang ada di belanda sebagai oleh2 dengan bentuk kreamik seperti itu.tak ada yang berbeda sedikitpun. usut punya usut seteah saya tanyakan ke pabrik keramik..ternyata memang mereka eksport ke belanda..dengan desain kincir angin, dan juga beberapa keramik piring dengan motif seperti terbelah2 .

macam-macam-keramik249792_kompor253763660_e92a0b7f1e215024_allmungkin itu dulu seputar kerajinan kabupaten purbalingga..lain kali saya akan posting lagi semua tentang kabupaten purbalingga.

2 Komentar Add your own

  • 1. jafar  |  Maret 29, 2009 pukul 2:19 pm

    bener-bener purbalingga wakeh kerajinane..
    lan indah-indah…
    I LOVE PURBALINGGA…

    Balas
    • 2. pesanggrahanmunjul  |  April 6, 2009 pukul 2:59 am

      wahhh ..matur suwun..kapan ke purbalingga mas..monggoh..eh apa asli purbalingga kiye.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: